RENCANA
PELAKSANAAN PEMBINAAN (RPP)
PRAMUKA SIAGA
Gugus Depan : GUDEP
MATERIPRAMUKA.ID
Nomor Gudep : 11.02.06.101 - 11.02.06.102
Golongan
Pramuka : Pramuka Siaga (S)
Tingkatan : Siaga Bantu
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Area
Pengembangan : Emosional
Kompetensi Akhir
Memahami Dwisatya dan Dwidarma
Kompetensi Dasar
Mengenal, menyikapi, mengekspresikan dan mengapresiasi
nilai nilai kepramukaan, keindahan dan harmoni yang dicerminkan dengan
perubahan sikap dan perilaku.
Syarat Kecakapan Umum
1. Dapat melaksanakan
Dwisatya dan Dwidarma
Indikator
Dalam
pembinaan atau latihan rutin pada pertemuan ini, indikator pencapaian pembinaan
Peserta Didik antara lain Peserta Didik :
1. Siaga dapat menyebutkan
perbutan- perbuatan yang sesuai dengan Dwisatya dan Dwidarma
2. Siaga dapat mencatat perbuatan-perbuatan yang tidak
sesuai dengan dwisatya dan Dwidarma.
3. Siaga dapat melakukan perbuatanperbuatan baik sesuai
dengan Dwisatya dan Dwidarma.
Tujuan Pembinaan
Setelah
mengikuti pembinaan pramuka siaga atau latihan rutin pramuka dengan mengembangkan sikap spiritual, emosional, sosial, intelektual
dan fisik berdasarkan kode kehormatan pramuka siaga, peserta
didik mampu :
1. Dapat menyebutkan
perbutan- perbuatan yang sesuai dengan Dwisatya dan Dwidarma
2. Dapat mencatat perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai
dengan dwisatya dan Dwidarma.
3. dapat melakukan perbuatanperbuatan baik sesuai dengan
Dwisatya dan Dwidarma.
Materi Pembinaan
1. Siaga menyebutkan perbutan- perbuatan yang sesuai
dengan Dwisatya dan Dwidarma
2. Siaga mencatat perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai
dengan dwisatya dan Dwidarma.
3. Siaga dapat melakukan perbuatanperbuatan baik sesuai
dengan Dwisatya dan Dwidarma.
Metode Pembinaan
Metode yang
digunakan dalam kegiatan latihan rutin pramuka yakni menyenangkan, dimana dalam praktiknya materi diberikan secara game atau permainan
yang dikemas menarik dan menyenangkan seperti bermain ditaman yang
indah menyenangkan sehingga peserta didik dapat mengikuti latihan dengan senang dan gembira.
Langkah – Langkah Pembinaan
1. Pra
Kegiatan
·
Yanda&Bunda (Pembina) dibantu oleh pak/bu Cik (pembantu pembina) menyiapkan perlengkapan untuk Upacara pembukaan latihan diantaranya :
Bendera Merah Putih, WOSM, Cikal,
·
Yanda&Bunda (Pembina) dibantu oleh pak/bu Cik (pembantu pembina) perlengkapan administrasi latihan rutin diantaranya : Daftar Hadir,
Perlengkapan untuk menujang materi dan Buku Iuran Anggota.
2. Kegiatan
Pendahuluan (Waktu: 20 menit)
·
Seluruh Yanda&Bunda (Pembina), pak/bu Cik (pembantu pembina) dan Anggota Pramuka melaksanakan upacara pembukaan latihan dilanjutkan
dengan penyematan TKK bagi anggota yang telah selesai atau lulus dalam ujian
SKK.
·
Dalam upacara
disampaikan materi latihan rutin yang akan dilakasanakan
·
Seluruh peserta didik melakukan presensi atau mengisi daftar hadir yang telah disiapkan oleh yanda & bunda
·
Seluruh peserta didik melakukan iuran wajib pada buku iuran yang telah disiapkan oleh yanda & bunda
3. Kegiatan
inti (Waktu: 60 menit)
·
Yanda & bunda dibantu oleh pak/bu Cik melaksanakan
pembelajaran dengan memberikan materi kepada peserta didik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di dalam ruangan maupun diluar
ruangan yang diseting seperti taman bermain
·
Yanda & bunda dibantu oleh pak/bu Cik melakukan
pengujian SKU atau SKK bagi anggota yang siap melaksanakan ujian.
4. Kegiatan akhir (Waktu : 10 menit)
Seluruh Yanda & bunda dan pak/bu Cik melaksanakan upacara penutupan latihan dilanjutkan
dengan penyampaian evaluasi kegiatan latihan rutin dan penyampaian agenda
latihan rutin berikutnya serta memberikan motivasi kepada seluruh anggota untuk
terus semangat dalam berlatih dan dapat menjadi pramuka sejati.
Sumber Belajar
Anggota atau
Peserta Didik dapat mempelajari materi kepramukaan melalui buku saku, blog pembelajaran maupun
sumber lain yang relevan dengan materi yang disampaikan
Penilaian & Teknis Pengujian SKU
Penilaian
dalam kegiatan latihan rutin sebagai nilai ekstrakurikuler wajib pramuka.
Beberapa cara yang dapat dilakukan unuk menilai antara lain menggunakan
soal evaluasi maupun unjuk kerja/praktik.
Menggunakan Soal Evaluasi :
setiap
peserta didik mengerjakan soal yang telah disiapkan dengan memperhatikan nilai
ketuntasan yaitu 70. Jika peserta didik mendapatkan nilai dibawah 70
maka diharuskan mengerjakan ulang hingga mendapatkan nilai diatas 70.
Menggunakan Unjuk Kerja/Praktik
Setiap peserta didik diminta untuk melakukan praktik sesuai dengan
indikator pencapaian
Arsip Kegiatan Pembinaan Pramuka atau Latihan Rutin
>>> Arsip RPP Pramuka Siaga Bantu <<<
RPP Pramuka Siaga Bantu : 2 Dapat melaksanakan Dwisatya dan Dwidarma bukan suatu hal kaku, Yanda
dan Bunda dapat mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas Yanda dan Bunda
No comments:
Post a Comment